Masuk 10 Besar, Tim PPD Kementerian PPN-Bappenas Mulai Nilai Sulsel

    Masuk 10 Besar, Tim PPD Kementerian PPN-Bappenas Mulai Nilai Sulsel

    MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) menerima kunjungan Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Pusat di Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 5 April 2022.

    Kunjungan tersebut dalam rangka penilaian untuk ajang penghargaan yang merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Utamanya terkait prestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target-target pembangunan daerah.

    Sebagaimana diketahui, Provinsi Sulawesi Selatan berhasil masuk tahap selanjutnya atau tahap ke-3 pada PPD Kementerian PPN/Bappenas. Provinsi Sulawesi Selatan menjadi salah satu provinsi yang berhasil masuk 10 besar nominasi penghargaan tersebut bersama dengan Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Sulawesi Utara.

    Dari Kantor Gubernur Sulsel rombongan tersebut kemudian bertolak ke Pelabuhan Soekarno-Hatta serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel untuk memulai penilaian tahap ke-3 atau tahap verifikasi.

    Ditemui di sela-sela kunjungannya di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel, perwakilan Tim Penilai PPD Kementerian PPN/Bappenas, Arif Hariyana menyampaikan bahwa penilaian tahap ke-3 atau tahap Verifikasi verifikasi memiliki bobot yang paling tinggi dibandingkan tahap-tahap sebelumnya. Tahap sebelumnya yakni Penilaian Dokumen RKPD dan Inovasi serta tahap Presentasi dan Wawancara.

    "Jadi kita mau melihat apa yang telah kita diskusikan di tahap-tahap sebelumnya, kita cek di lapangan seperti apa sih. Nah itulah yang nanti setelah itu kita gabungkan semua, itu akan menjadi skor final. Nanti kita urutkan posisi Sulawesi Selatan di mana, itulah nanti yang menentukan dalam penentuan akhir, ” kata  Arif yang juga Perencana Utama di Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Kementerian PPN/Bappenas ini.

    Terkait dengan hasil akhir penilaian penghargaan tersebut untuk Provinsi Sulawesi Selatan, Arif Hariyana berharap hasil itu nantinya adalah yang terbaik bagi Provinsi Sulawesi Selatan sendiri.

    "Apapun hasilnya, ini sudah menunjukkan bahwa ada sesuatu yang beda, yang bisa ditawarkan atau mungkin bahkan bisa direplikasi secara nasional dari Provinsi Sulawesi Selatan ini, ” harapnya.

    Sementara itu, perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Sulsel yang ikut menerima dan mendampingi Tim Penilai PPD Kementerian PPN/Bappenas, Inyo menjelaskan bahwa pada tahap ke-3 atau tahap verifikasi tersebut Pemprov Sulsel memilih OPD yang menjalankan program prioritas terkait dengan pemulihan ekonomi untuk dinilai. Pertama, Dinas Koperasi dan UKM terkait inovasinya dan pemulihan ekonomi. Kedua, Dinas Perdagangan terkait dengan pengembangan ekspor.

    "Kemudian nanti ini kita masuk juga terkait hilirisasi, kita ambil sampel hilirisasi Dinas Kelautan dan Perikanan, sebentar ini kita akan ke Daya untuk melihat prosesnya. Kemudian yang terakhir Dinas PUTR, jadi kita ingin memperlihatkan kepada tim bagaimana pembangunan infrastruktur jalan, bagaimana infrastruktur irigasi, ” jelas Fungsional Perencana di Bappelitbangda Provinsi Sulsel tersebut.

    Ia juga optimis Provinsi Sulawesi Selatan dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam penghargaan tersebut.

    "Insya Allah, dengan doa kita semua, kemudian kerja-kerja keras kita semua, kekompakan kita, Insya Allah, ” tutupnya.(*)

    Makassar Sulsel
    Ryawan Saiyed

    Ryawan Saiyed

    Artikel Sebelumnya

    Pangdam Hasanuddin Terima Siswa Studi Strategis...

    Artikel Berikutnya

    Minta Masukan Saran, Gubernur Andi Sudirman...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Syafruddin Adi

    Achmad Sarjono

    Achmad Sarjono verified

    Postingan Bulan ini: 221

    Postingan Tahun ini: 1852

    Registered: Jul 16, 2020

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 212

    Postingan Tahun ini: 1170

    Registered: May 24, 2021

    Maskuri

    Maskuri

    Postingan Bulan ini: 117

    Postingan Tahun ini: 220

    Registered: Mar 10, 2022

    KOREM 082CPYJ KOTA MOJOKERTO

    KOREM 082CPYJ KOTA MOJOKERTO

    Postingan Bulan ini: 111

    Postingan Tahun ini: 518

    Registered: Oct 11, 2021

    Profle

    Narsono Son

    Semangat Gotong Royong, Ibu-Ibu PKK Ikut Serta Siapkan Barak Buat Satgas TMMD 
    Pasang Umbul-umbul, Oh, Begini Cara Warga Nanggulan Untuk Menyambut TMMD
    Kodim 0712/Tegal Gelar Acara Halal Bihalal
    Giat Personil Dalam Penyiapan Tempat Tinggal Pasukan Satgas TMMD Reg Kodim 0723 Klaten

    Follow Us

    Recommended Posts

    Pangkep Sukses Raih Opini WTP ke 11 Kali, Sudah 10 Kali Berturut Turut
    Usung Semangat Boedi Oetomo, Ayo Bangkit Bersama Untuk Indonesia Lebih Kuat
    Gubernur Andi Sudirman Temui  Dirjen Bina Pemdes, Bahas Peta Batas Desa di Sulsel
    Pemprov Sulsel Kembali Lanjutkan Penanganan pada Daerah Irigasi Cenrana Kabupaten Wajo
    Sekprov Sulsel Apresiasi Kinerja Komisi Informasi